Mengapa Terdapat Tonjolan pada Huruf F dan J di Keyboard

wZmUJ

 

Coba perhatikan tombol “f” dan “j” pada keyboard kamu. Apakah terdapat suatu ‘keanehan’ yaitu adanya tonjolan yang memiliki bentuk mulai dari titik, memanjang, hingga spiral ( Emang ada gitu? ). Nah, itu yang akan jadi pokok bahasan kali ini.

Mungkin diantara kita sudah mengetahui mengapa dibuat seperti itu. Terlebih sudah banyak yang telah membahasnya. Namun tidak ada salahnya untuk membahasnya kembali. Jadi bagi yang belum tahu, pernahkah kamu bertanya, “Apakah kegunaan tonjolan ini?”

Ternyata tonjolan ini dibuat dengan tujuan yang sederhana yaitu, memudahkan orang yang mengetik ala touch typing (mengetik dengan 10 jari) untuk mengetahui kedua posisi jari telunjuk kiri mereka (pada huruf ā€œFā€) dan jari telunjuk kanan mereka (pada huruf ā€œJā€). Jadi mereka tidak perlu lagi melihat ke keyboard dengan maksud apakah posisi jari mereka sudah benar atau tidak sekaligus dapat menghemat waktu ketika mengetik.

Touch Typing

Apa itu touch typing? Touch typing (ada juga yang menyebutnya touch type atau touch method) merupakan salah satu cara orang mengetik tanpa menggunakan indra pengelihatan ketika mengetik. Orang yang mengetik dengan cara touch typing akan menempatkan ke-delapan jari mereka di sepanjang baris horizontal pada tengah-tengah keyboard, yaitu tombol huruf “a”, “s”, “d”, dan “f”. Sedangkan tangan kanan berada di tombol “j”, “k”, “l”, dan “;”.


Tinggalkan Balasan