Macam-macam Ungkapan Tertawa Saat Chatting di Berbagai Negara

fun

Bagaimana cara kalian untuk mengekspresikan tertawa dalam bentuk tulisan (khususnya saat chatting)? Biasanya, yang paling mainstream, yang kita gunakan yaitu ‘hahaha’ atau menggunakan huruf vokal lainnya: ‘hehehe’, dsb. Ini yang paling umum dan digunakan juga di banyak negara. Seiring berkembangnya teknologi, chatting memberikan kita kemudahan untuk mengobrol dengan orang lain tanpa batasan jarak dan waktu. Maksud istilah chatting disini tidaklah sebatas hanya mengobrol via aplikasi pesan instan, melainkan juga fitur yang terdapat pada game online, kolom komentar di jejaring sosial, dsb. Disini saya akan menjabarkan bagaimana orang-orang mengekspresikan tertawa di negaranya (termasuk ungkapan dalam bahasa prokem mereka).

1. Indonesia

Kita mulai dari Indonesia. Di sini yang paling sering digunakan yaitu ‘hahaha’. Untuk situasi non-formal biasanya menggunakan ‘wkwkwk’ atau variasi lain, seperti penambahan beberapa huruf menjadi ‘wkokwkakw’; ada juga ‘xixixi’ dan ‘huehue’. Namun dari sekian banyak ungkapan tertawa, yang paling sering digunakan yaitu ‘wkwkwk’. Ada yang bisa jelaskan asal usul ‘wkwkw’ ini?

Untuk daftar negara selanjutnya, saya hanya akan menjelaskan ungkapan tertawa yang paling sering digunakan di negara tersebut.

2. Jepang

Pernah suatu ketika saya chatting di room yang mayoritas orang Jepang. Singkat cerita, saya membuat kesalahan konyol (bagi perspektif mereka kayanya) lalu seseorang membalasnya dengan ‘wwww’. Setelah saya tanya apa artinya, beberapa orang lainnya malah mengatakan hal sama dan beberapa kata slang yang cuma mereka yang tahu artinya. Setalah googling barulah saya tahu apa artinya dan sadar apa yang sedang terjadi. Tamat!

Ya, ‘www’ merupakan cara mereka untuk mengekspresikan tertawa. Huruf w diambil dari huruf pertama dari kata Bahasa Jepang: ‘warau’ (Kanji: 笑) yang jika diterjemahkan berarti ‘tertawa’. Jumlah huruf w tidaklah baku, jadi dapat ditulis satu huruf ‘w’ hingga ‘w’ yang diikuti sejuta huruf w juga sah-sah saja.

3. Thailand

Ungkapan tertawa yang paling sering digunakan di Thailand adalah ‘5555’. Sama seperti sebelumnya, jumlah angka 5 tidaklah baku. Kenapa angka 5 yang mereka gunakan? Karena dalam Bahasa Thailand, angka 5 dibaca ‘ha’. FYI, angka 1 hingga 5 dalam Bahasa Thailand secara berurutan yaitu nueng, song, sam, si, ha. Jadi jika disini ada makanan atau apapun itu yang bermerek ‘55555’ maka orang Thailand akan membacanya sebagai ‘ha ha ha ha ha’.

4. Spanyol

Di Spanyol, ungkapan yang digunakan adalah ‘jajaja’. Di sana, tulisan ‘jajaja’ dibaca sebagai ‘hahaha’.

5. Korea

Sekarang kita ke Korea. Di sini ungkapan tertawa biasanya menggunakan ‘kkkk’ atau ‘kekeke’. Istilah ini berasa dari 크크크 atau ‘keu keu keu’ yang sepadan dengan ‘hahaha’.

 
 

Di luar semua itu, ungkapan tertawa yang sudah terstandar secara internasional (halah :v) adalah ‘LOL’. Saya yakin semua dari kita sudah tahu maknanya.

FYI, tahukah kalian penggunaan angka 8 di China dan Jepang? Di China angka 8 digunakan saat mengakhiri obrolan, yaitu ’88’ yang dibaca ‘ba ba’ (bye bye). Sedangkan di Jepang angka 8 digunakan untuk merepresentasikan tepukan tangan / sorakan (misalnya ‘8888’) karena dalam Bahasa Jepang angka 8 adalah ‘hachi’ (八) yang pengucapannya menyerupai suara tepukan.


Tinggalkan Balasan