Mengenal 4 Wilayah Metropolitan di Indonesia

Apa itu metropolitan? Metropolitan adalah sebuah pusat populasi besar yang terdiri dari satu (atau beberapa) kota sentral dan daerah sekitarnya. Kota sentral tersebut dapat berperan sebagai hubnya. Wilayah metropolitan biasanya diberi nama sesuai dengan kota sentral terbesar/terpenting di dalamnya atau bisa juga singkatan dari wilayah-wilayah penyusunnya.

Sebutan wilayah metropolitan kadang-kadang disebut juga sebagai ‘greater’ atau ‘metro’, contohnya di Metro Manila. Namun seringkali terdapat keambiguan dengan makna lainnya, yaitu ‘metro’ sebagai istilah untuk merujuk ke sistem angkutan cepat bawah tanah. Di Perancis sebutan untuk daerah di sekitar inti urban yang terhubung dengan sekitarnya disebut aire urbaine (wilayah urban). Di Jepang disebut toshiken (都市圏, blok kota).

Berikut ini adalah beberapa metropolitan besar dunia:

  • Greater Tokyo
  • Seoul Capital
  • New York Metropolitan

Sedangkan untuk wilayah Indonesia, yaitu:

1. Jabodetabek

Adalah sebuah akronim dari Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi, yaitu sebuah kawasan metropolitan Jakarta dan sekitarnya. Jabodetabek adalah metropolitan terbesar di Indonesia dan salah satu yang terbesar di dunia menurut populasi.

2. Gerbangkertosusila

Akronim dari Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan

3. Metropolitan Bandung

Wilayah yang meliputi Kota Bandung dan sekitarnya ini terletak 20 km dari Jabodetabek.

4. Mebidang

Adalah akronim dari Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang atau disebut juga Greater Medan (Wilayah Metropolitan Medan). Tempat ini merupakan urat nadi perekonomian Indonesia bagian barat, terutama untuk Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, dan Provinsi Riau.

Jika terdapat dua atau lebih metropolitan, maka wilayah tersebut dapat bergabung menjadi sebuah megalopolis. Di Indonesia, Jabodetabek dan Metro Bandung akan terus berkembang hingga wilayah ini membentuk sebuah megalopolis. Wilayah ini akan mencakup Kota Serang, Jakarta, Bandung, dan wilayah di sekitarnya.

Sebuah metropolitan atau megalopolis juga dapat meliputi sebuah wilayah antar-negara. Contohnya adalah Sijori yang merupakan akronim dari Singapura, negara bagian Johor (Malaysia), dan Provinsi Kepulauan Riau (Indonesia). Wilayah ini dikenal juga sebagai Sijori Growth Triangle.

Tidak ada aturan baku mengenai luas minimal dari sebuah metropolitan dan megalopolis. Begitu juga parameter lainnya.
 
Sumber gambar: Wikipedia Indonesia


Tinggalkan Balasan