Y2K, Bencana Komputer yang Mengembalikan Waktu ke Tahun 1900

Bencana ini terjadi di malam pergantian tahun 1999 ke tahun 2000, saat jam tepat menunjukkan pukul 00:00:00 1 Januari 2000.

Computer-Bug

Masalah Tahun 2000 atau dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai Y2K (Year 2 kilo (kilo = prefiks SI untuk 1000)) a.k.a Millennium Bug adalah kesalahan perhitungan oleh komputer yang disebabkan oleh sistem penyimpanan tanggal yang hanya menyediakan dua digit untuk tahun, dengan asumsi bahwa dua digit pertama adalah ’19’. Hal ini dilakukan pada tahun 1960-an ketika komputer pertama dirancang untuk menghemat media penyimpan. Hanya menggunakan dua digit memang jauh lebih menghemat penyimpanan dibandingkan dengan empat digit. Namun ini akan berubah menjadi ‘kiamat’ ketika memasuki tahun 2000, yang seharusnya komputer menampilkan tanggal 1 Januari 2000, tapi malah menjadi 1 Januari 1900.

Kesalahan ini dikhawatirkan akan menyebabkan bencana besar karena komputer juga digunakan untuk mengatur fasilitas-fasilitas penting seperti perbankan, PLTN, dan pesawat terbang. Sebagai akibatnya banyak perusahaan di seluruh dunia mengadakan pembaharuan di bidang komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat keras untuk mencegah hal ini. Lebih dari USD 300 miliar telah dihabiskan dalam persiapan untuk mengantisipasinya. Walaupun kemudian terbukti bahwa tidak ada bencana besar yang memakan korban jiwa, Y2K tetap menyebabkan cukup banyak kesalahan, seperti:

1. DELAWARE, AS – Mesin slot

Mesin slot di beberapa arena balap Delaware mati total dan diyakini diakibatkan penanggalan menjadi 1 Januari 1900. Mesin-mesin tersebut sekarang sudah diperbaiki dan berjalan normal kembali.

2. PARIS, Perancis – Peta Cuaca Kacau

Peta Cuaca kacau ketika melewati tahun 1999 menjadi tahun 19100. Kesalahan tersebut dapat dengan segera diperbaiki.

3. Jakarta, Indonesia – Display BI Salah Tanggal

Display yang dipasang BI sempat mengalami kesalahan membaca tahun. Saat melewati pukul 00.00 WIB, display bukannya menunjukkan angka 2000 tetapi ke angka 1900. BI pusat di Jakarta sebelum melakukan perbaikan dengan display tersebut, terlebih dahulu menghubungi kantor-kantor mereka di daerah untuk memeriksa segala kemungkinan yang dapat terjadi karenaY2K. Setelah semua dikonfirmasikan beres, akhirnya kesalahan tersebut dapat diperbaiki.

4. TOKYO, Jepang – PLTN Bermasalah

Jepang melaporkan kerusakan kecil pada komputer yang terhubung dengan alat monitor radiasi pada kedua PLTN nya. Tetapi ditegaskan bahwa tidak ada masalah yang serius untuk menutup PLTN tersebut.

 
 

Selain itu terdapat kesalahan lainnya seperti:

Kartu kredit yang ditolak karena masa berlakunya habis tahun 2000, tapi dibaca komputer sebagai 1900.
Seorang nasabah yang membuka rekening kredit/hutang dengan Bank di tahun 1999. Maka pada saat tahun memasuki tahun 2000, nasabah ini akan memiliki hutang di Bank tersebut sangat besar karena telah menghutang selama 99 tahun.

Screenshoot yang menunjukkan masalah .getYear() JavaScript pada beberapa peramban web

Selain Y2K masih ada beberapa masalah perhitungan tanggal yang disebabkan oleh komputer, misalnya Year 2010 Problem, Year 2038 Problem, dan Leap Year.

P.S. Tentu saja masalah ini tidak akan berdampak sama sekali pada komputer yang sudah menyediakan empat digit tahun atau suatu program yang tidak berkaitan dengan perubahan tanggal.

Sumber:
Detik.com
Wikipedia English


Tinggalkan Balasan