Tutorial Lowpoly (Flat Polygon) di Photoshop

Kredit: Wallhaven

Pada dasarnya, Low Poly merujuk ke grafis 3D yang menunjukkan bahwa jumlah poligon yang digunakan untuk membuat objek 3D berjumlah sedikit. Contohnya adalah gambar lumba-lumba di bawah ini. Beberapa poligon (biasanya segitiga) dengan berbagai ukuran saling menyatu dan membentuk sebuah gambar lumba-lumba. Intinya semakin ‘low’ kualitas gambarnya maka semakin terlihat jelas pula shape penyusunnya. Nah, pada posting ini definisi lowpoly adalah sebuah style yang membuat sebuah objek menjadi lebih flat dan tersusun dari poligon dengan warna yang sesuai. Bagi saya, lowpoly merupakan style favorit saya dan telah menjadi juara bertahan sebagai pemenang nominasi Best Art Style of The Year selama 2 tahun berturut-turut.

Kredit: Wikipedia

 

Mungkin kamu berfikir bahwa untuk membuat sebuah masterpiece seperti ini membutuhkan skill Photoshop yang berada di level dewa luar biasa. Pernyataan itu salah. Tidak perlu skill semacam itu untuk membuatnya. Selama kamu memiliki foto asli yang akan digunakan memiliki kualitas yang bagus, mulai dari resolusi hingga warna, kamu pasti bisa membuat masterpiece-mu sendiri. Oh iya, hal lain yang harus kamu perhatikan dan miliki yaitu:

  • Photoshop dan seperangkat PC (tentu saja)
  • Teh atau kopi (oke, ini opsional)
  • Kesabaran (ini penting!)
  • Lama pengerjaan: 3 jam (tergantung goal kamu)
  • Udah.
  • Let’s Rock!

Langkah 1: Pilih Foto

Tentukan sebuah foto yang akan kamu jadikan lowpoly. Seperti yang telah disebutkan, sebaiknya pilih foto yang memiliki kualitas bagus. Ini berarti kamu harus memperhatikan warna yang saturasinya alami, cahaya dan bayangan cukup bervariasi (agar perbedaan warna antara poligon dapat terlihat), serta memiliki perspektif kedalaman. Mungkin kamu dapat menggunakan foto portrait mu sendiri atau menggunakan gambar di Google.

Langkah 2: Grid

Kita akan memanfaatkan fitur Photoshop yang nantinya akan sangat membantu kita yaitu Grid. Ini adalah fitur berupa garis-garis bantu pada canvas. Untuk menampilkannya, pilih menu View > Show > Grid (atau gunakan shortcut ctrl+’). Usahakan garis-garisnya memiliki kerapatan yang tinggi.

 

1

Kamu bisa menyesuaikannya di menu Edit > Preferences > Guides, Grid & Slices. Fokus di bagian Grid-nya saja. Di sini kita bisa mengatur warna, jenis garis, kerapatan, dan jumlah subdivisinya. Berikut ini preferensi yang saya gunakan.

2

Ada satu hal lagi yang harus dilakukan, pastikan pilihan di menu View > Snap To > Grid telah dicentang. Ini berarti tiap klik menggunakan Pen Tool (satu-satunya tool yang akan digunakan) akan secara otomatis ‘menempel’ di Grid.

Langkah 3: Back-up Foto

Klik sekali ikon gembok pada layer saat ini (di bagian kanan layer) lalu duplikat layer tersebut untuk back-up dengan cara klik kanan pada layer saat ini > pilih Duplicate Layer > OK. Atau langsung saja tekan ctrl+j. Lalu pada layer paling bawah, klik ikon mata yang berada di sebelah kiri layer untuk men-disable layer tersebut. Hingga menjadi seperti ini:

3

Langkah 4: Jaring Segitiga

Inilah langkah yang akan banyak memakan waktu, yaitu membuat poligonnya. Yang harus kamu lakukan di sini yaitu membuat shape segitiga secara manual menggunakan Pen Tool satu-persatu di objek fotomu. Tidak ada trik rahasia di langkah ini. Semuanya manual menggunakan tangan. Kenapa manual? Karena otak kita jauh lebih unggul untuk menentukan kontur wajah dibanding dengan script atau proses terotomisasi manapun. Yeah!

Untuk melakukannya, pilih Pen Tool yang ada di Tools Panel (shortcut: p, lihat gambar di bawah. Penting) . Kemudian zoom-in foto agar lebih memudahkan (ctrl+(=) untuk zoom-in dan ctrl+(-) untuk zoom-out). Mulailah membuat poligon dengan mengklik di pojok kotak-kotak grid tersebut dengan tetap menyesuaikan bentuk foto kamu. Lalu mengklik lagi sebanyak dua kali lagi sehingga membentuk segitiga:

4

Letak Pen Tool

9

Walaupun default, tapi tetap pastikan pengaturan di Option Bar Pen Tool kamu seperti ini

5

Shape segitiga

Jika ada yang salah, cukup tekan ctrl+alt+z untuk undo, atau tekan ctrl+z untuk membatalkan undo. Tidak ada aturan baku sebesar apa segitiga yang harus dibuat. Semuanya tergantung selera masing-masing. Panduan umumnya, jika terdapat bagian kecil atau banyak lekukan, maka kita juga harus membuat segitiga yang kecil pula. Selain itu, tetap sesuaikan antara bentuk dan ukuran segitiga dengan kontur fotomu.

Oh iya, shape-nya harus segitiga. Akan aneh jika terdapat segiempat dan seterusnya.

Selanjutnya, klik kanan pada area manapun di canvas, lalu pilih Make Selection > pastikan Feather Radius nya 0 dan anti-aliased dicentang > OK. Maka shape yang barusan dibuat akan menjadi garis putus-putus. Selanjutnya adalah menetapkan warna segitiga tersebut menjadi flat sesuai dengan warna rata-rata pada bagian dalam yang dikelilingi segitiga. Caranya mudah, pilih menu Filter > Blur > Average. Lalu tekan ctrl+d untuk menghilangkan garis putus-putus.

6

Satu segitiga berhasil dibuat. Selanjutnya ulangi dengan tulus langkah membuat segitiga ini persis di sebelah segitiga yang barusan dibuat.

Ada sedikit tips, untuk menetapkan warna untuk segitiga selanjutnya, cukup tekan ctrl+f. Shortcut ini berfungsi untuk menetapkan aksi filter sebelumnya, dalam hal ini filter Average.

Langkah 5: Hapus yang Tidak Perlu

Jika semua bagian foto telah ter-cover segitiga, maka langkah selanjutnya adalah menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, misalnya latar dan merapikan sisi luar objek. Ada banyak cara untuk melakukannya mulai dari menggunakan Eraser Tool (shortcut: e), Magic Wand Tool (w), atau Pen Tool (p). Kalau kesabaran masih tersisa, saya sarankan menggunakan Pen Tool saja dengan cara men-trace sisi luar objek sehingga titik (klik) akhir Pen Tool kita kembali ke titik awal. Lalu selanjutnya meng-invert seleksi (shortcut: ctrl+shift+i) dan menekan tombol delete.

Karena posting ini tidak berfokus pada penggunaan Pen Tool, jadi saya tidak menjelaskan secara detail.

Langkah 6: Selesai

8

Saya harus mengubah warna di tiap poligon ke warna yang lebih alami karena kualitas foto yang digunakan belum sesuai.

Jika ada yang tidak jelas atau ada yang mau menambahkan silahkan beri komentar. Thank You.


Tinggalkan Balasan